10 Jenis Kain Gorden Yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada

Selain mempercantik penampilan sebuah ruangan, gorden juga berfungsi untuk menyaring jumlah cahaya yang masuk ke suatu ruangan dan juga mengatur tingkat privasi di dalam ruangan, dari luar. Di pasaran sendiri saat ini terdapat cukup banyak jenis bahan kain gorden, ukuran warna yang bisa Anda pilih, agar sesuai dengan tema ruangan yang digunakan.

Berikut ini adalah beberapa jenis tirai yang dimaksud:

KAIN BLACKOUT

kain gorden blackout

Jenis pertama dari bahan kain gorden adalah Blackout. Ini adalah salah satu bahan gorden yang mampu menghalangi masuknya cahaya ke dalam ruangan dengan baik.

Bahan ini memiliki karakteristik sangat lembut dan halus. Selain itu bahan yang satu ini juga mudah dibersihkan.

Yang lebih penting, bahan ini, bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis gorden, mulai dari desain minimalis, gorden yang bisa dilipat, atau yang lainnya.

Saat ini, bahan yang satu ini banyak Anda temukan di pasaran, warna dan motif yang disediakan cukup beragam.

 

KAIN SEMI BLACKOUT

kain gorden semi blackout

Jenis bahan gorden berikutnya adalah kain semi blackout. Jenis bahan ini, juga sangat bagus, dan mampu menghalau cahaya ke dalam ruangan hingga 80%. Desain dan bahannya sangat indah, dan Anda bisa menggunakannya di kantor, ruang baca, atau ruang keluarga.

Saat ini, jenis bahan ini, memiliki beragam pola, motif yang sangat menarik, ada juga warna yang polos. Anda dapat menyesuaikan motif kain dengan desain ruangan yang ingin Anda bentuk, misalnya Anda akan menggunakan bahan dengan warna cokelat untuk ditempatkan di ruang tamu, atau yang lain.

Baca juga: gorden ruang tamu minimalis

KAIN DIMOUT

kain gorden dimout

Selanjutnya dimout, ini adalah kain yang dapat menahan cahaya luar sekitar 90%, baik itu cahaya dari lampu jalan, atau bahkan sinar matahari.

Sedangkan dari dalam, cahaya tampak, terutama yang berdiri di dekat jendela hanya akan berupa bayangan. Yang ini, elegan, dan mewah, biasanya yang paling sering digunakan untuk desain roller blind.

Ini adalah desain gorden yang dapat digulung ke atas, membuat lengkungan yang indah, dan melebar ke bawah.

Bahan ini juga banyak beredar luas di pasaran, ada kebijakan, ada pula yang berpola.

Warnanya juga cukup beragam, mulai dari biru, putih, dan lainnya. siapa pun dapat menggunakan bahan yang satu ini, sebagai salah satu pilihan gorden yang indah.

KAIN SATIN HALUS

kain gorden satin

Untuk jenis bahan gorden berikut ini, adalah yang paling umum digunakan. Seperti namanya, jenis kain ini memiliki permukaan yang lembut, halus dan mengkilap.

Hasilnya adalah bahan gorden yang satu ini, sangat indah untuk mata, membuat ruangan tampak mewah dan indah.

Saat ini, bahan yang satu ini terdiri dari berbagai motif, dan juga warna. Bahan yang satu ini, bisa digunakan dan diaplikasikan dalam berbagai desain gorden.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan ini di berbagai ruangan.

KAIN RENDA

kain lace atau renda

Meski jenis bahan ini, sering digunakan untuk membuat pakaian, namun bahan yang satu ini juga tepat untuk membuat gorden. Kain ini cocok untuk digunakan dalam berbagai desain tirai, termasuk vitrases.

Anda dapat memasang tirai dari bahan-bahan ini, untuk kamar tidur, atau untuk ruang tamu. Penggunaan material ini untuk ruang tamu, membantu Anda dalam mengelola sistem pencahayaan di ruang tamu.

Karena bahan gorden yang satu ini tipis, pada umumnya bahan yang satu ini hanya digunakan sebagai pelapis gorden, sebelum akhirnya menggunakan bahan yang lebih tebal.

Motif dan warna yang dimiliki oleh bahan ini cukup beragam, Anda dapat memilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

KAIN SUTRA

kain sutra

Siapa yang tidak kenal dengan kain sutera. Selain pas dan nyaman jika digunakan untuk mempercantik penampilan Anda, kain yang satu ini ternyata juga bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan ruangan Anda.

Tekstur kain ini, cukup lembut dan juga halus, tetapi tentu saja tidak licin. Sempurna untuk membuat tirai yang dipadukan dengan tipis.

Hasilnya, ruangan Anda akan tampak lebih lembut. Jenis kain ini paling cocok untuk digunakan di kamar tidur utama. Masalahnya adalah harga kain ini yang cukup mahal, terutama untuk kain sutra murni, berbeda jika Anda menggunakan sutra sintetis, harganya cenderung lebih murah.

KAIN CHENILLE

kain gorden CHENILLE

Jenis lain dari kain gorden yang memiliki tekstur lembut dan juga halus, yaitu kain chenille. Komposisi seratnya juga cukup kencang, sehingga gorden tidak mudah sobek saat digunakan.

Kain yang satu ini juga bisa Anda aplikasikan untuk berbagai desain gorden. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan motif dan warna yang ada, dengan ruangan yang akan digunakan.

KAIN KATUN

kain gorden katun

Jenis bahan gorden yang satu ini, masih termasuk jenis kain katun. Tetapi memiliki warna putih pucat dan masih mentah. Ini adalah salah satu karakteristik utama dari bahan yang satu ini.

tapi justru ini yang jadi andalan kain. Kesan alami akan bersinar, jika Anda menggunakan kain sebagai gorden di rumah Anda. Rumah bergaya etnik / country atau rumah bergaya kasual, pas dengan tirai dari bahan ini.

Selain itu, bahan yang satu ini, bisa juga Anda gunakan untuk roller blinds.

Baca: Gorden rumah minimalis

KAIN MORI

Lebih khusus lagi kain batik. Meskipun saat ini ada cukup banyak kain menggunakan motif batik di dalamnya. Namun tetap saja, kain batik menggunakan Mori adalah yang paling pas.

Bahan dan desain atau motif yang ditampilkan mampu membuat ruangan tampak etnik dan Indonesia. Anda bisa menggunakan bahan seperti ini di ruang tamu.

Dikombinasikan dengan furnitur bernuansa etnik, tentu memberikan kesan yang sangat unik. Dibandingkan dengan bahan-bahan lain, yang ini juga cukup murah.

KAIN KATUN

Jenis bahan gorden ini, tentu saja, sudah umum dikenal oleh masyarakat luas. Teksturnya halus, dan juga lembut saat digunakan.

Pola atau motif yang dimiliki oleh bahan ini cukup beragam, Anda bisa memilih salah satu motif yang tepat, untuk dijadikan tirai, Anda juga bisa membuat salah satu desain gorden, dan menyesuaikannya dengan ruangan yang akan digunakan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih kapas yang cukup beragam, seperti katun Jepang, kapas rayon, kapas Cina, atau bahkan kapas sutera. Yang lebih penting, material yang satu ini, memiliki harga yang cukup murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *